Translate

WISATA TUGU KILOMETER NOL (KM 0) SABANG (Pulau Weh)

Posted by Teuku Zulmansyah 0 comments
Tugu kilometer Nol (km 0) merupakan tempat titik awal perhitungan luas wilayah kesatuan republik indonesia, di Tugu kilometer Nol (km 0) kita dapat menik mati keindahan alam yang masih sangat alami dan indah, serta di sore harinya kita bisa menkmati keindahan  sunset yang sangat indah bila kita melihatnya dari depat Tugu kilometer Nol (km 0). wisatawan juga bisa mendaat kan sertifikat Tugu kilometer Nol (km 0) yang menandakan bahwa wisatawan pernah berkunjung kesana.

Datanglah ke ujung barat Indonesia ini Tugu kilometer Nol (km 0) ntuk menapakkan kaki Anda di atas titik kilometer nol yang terbuat dari semen berbentuk lingkaran berdiameter 50 centimeter. Berdirilah di atasnya lalu abadikan fakta historis yang sifatnya pribadi itu. Dengan menyambangi tempat ini juga Anda nantinya akan mendapat sertifikat dari agen penjalanan resmi mana pun di Sabang sebagai bukti pernah berdiri di titik nol kilometer Indonesia.
Tugu kilometer Nol (km 0) adalah sebuah bangunan setinggi 22,5 meter dengan bentuk lingkaran berjeruji. Bagian Tugu kilometer Nol (km 0) dicat putih dan bagian atas lingkaran menyempit seperti mata bor. Puncak Tugu kilometer Nol (km 0) ini terdapat patung burung Garuda menggenggam angka nol dilengkapi prasasti marmer hitam yang menunjukkan posisi geografisnya.
Di lantai pertama monumen terdapat sebuah pilar bulat dan terdapat prasasti peresmian Tugu kilometer Nol (km 0) yang ditandatangani Wakil Presiden Try Sutrisno, pada 9 September 1997. Di lantai kedua terdapat sebuah beton bersegi empat dimana  tertempel dua prasasti yaitu prasasti pertama ditandatangani Menteri Riset dan Teknologi/Ketua BPP Teknologi BJ Habibie, pada 24 September 1997. Dalam prasasti itu bertuliskan penetapan posisi geografis KM-0 Indonesia tersebut diukur pakar BPP Teknologi dengan menggunakan teknologi Global Positioning System (GPS). Sedangkan prasati kedua menjelaskan posisi geografis tempat ini.

Tugu kilometer Nol (km 0) Sabang sebenarnya tidak dipancangkan persis di garis terluar sisi barat wilayah Indonesia. Sebenarnya secara teknis, masih ada pulau di sisi paling barat Indonesia yaitu Pulau Lhee Blah, berupa pulau kecil di sebelah barat Pulau Breuh. Hal ini sama terjadi dengan pulau paling selatan yaitu Pulau Rote, walau secara teknis Pulau N’dana ialah pulau paling selatan di Indonesia. Tugu kilometer Nol (km 0) di Sabang memiliki kembarannya yaitu di Merauke, Papua, tepatnya di Distrik Sota, Kabupaten Merauke, sekitar 75 kilometer dari pusat Kota Merauke dan 3 kilometer dari Tugu perbatasan dengan Negara Papua New Guinea. 
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Judul: WISATA TUGU KILOMETER NOL (KM 0) SABANG (Pulau Weh)
Ditulis oleh Teuku Zulmansyah
Rating Blog 5 dari 5
Semoga bermanfaat. BANTU KAMI MEMPROMOSIKAN SABANG DENGAN LIKE FACEBOOK, G+ DAN SHARE.

PENGUNJUNG

support - Original design by Bamz | Copyright of SABANG TOUR .

Tolong Di LIKE Ya TRIMAKASIH

×

Powered By Blogger Widgets and SABANG TOUR